BISNIS DEVELOPMENT SERVICES (BDS) DAN PUSAT PEMASARAN BERSAMA (PPB)

bd

BDS dalam Koperasi Agroniaga meliputi Capacity Building dan sekaligus layanan akses pasar, Capacity Building dilakukan secara langsung dan juga tidak langsung. Yang dimaksud capacity building tidak langsung adalah pola-pola pendampingan yang dilakukan oleh bagian pemasaran JKI. Mereka melakukan pendampingan dengan maksud agar usahanya maju dengan laba yang cukup signifikan sehingga tabungan besar, bagi hasilnya bagus serta mengembalikan dana pembiayaannya dengan lancar.

Sedangkan pendampingan secara langsung adalah tindakan pendampingan yang dilakukan oleh pihak Konsultan Manajemen maupun petugas khusus pendampingan usaha anggota. Pendamping dari Tim Konsultan Manajemen maupun dari Koperasi Agroniaga ini memang ditugaskan secara khusus untuk melakukan pendampingan keusahaan anggota Koperasi Agroniaga.

Salah satu program BDS yang cukup besar adalah kemitraan usaha yakni pemberian kepercayaan pada anggota koperasi untuk memelihara domba dengan bagi hasil 40 : 60, yakni 40 % untuk Koperasi Agroniaga dan 60 % untuk pemelihara, hal ini jauh lebih bagus jika dibanding dengan yang berlaku di masyarakat yakni 50 : 50 %. Disamping itu mereka juga sesekali atau bila memerlukan akan dikunjungi mentor ahli dalam pengembangan / peternakan domba.

Program lain yang cukup di minati anggota Koperasi Agroniaga adalah penyediaan domba bunting, dimana bagi anggota Koperasi Agroniaga yang belum hafal masa “beger” (bhs lokal : birahi), maka Koperasi Agroniaga juga menyediakan domba bunting yang dapat dibeli atau tukar tambah oleh Koperasi Agroniaga.

BDS juga menyediakan kandang pembelajaran yang dapat digunakan belajar bersama baik oleh anggota KA maupun para fihak lain yang ingin belajar bersama untuk pengembang biakan domba.

Pusat Pemasaran Bersama yang sudah dapat difasilitasi oleh Koperasi Groniaga adalah jual beli kambing – domba baik lokal maupun garut, disamping itu adalah distribusi pemasaran kompos kotoran kambing domba dari 4 rumah kompos yang ada di masyarakat anggota koperasi agroniaga.

Kandang pembelajaran dan pembuntingan beralamat di desa Pakubeureum Kecamatan Kertajadi, Kabupaten Majalengka, 500 meter arah timur dari kantor Koperasi Agroniaga Majalengka. (eMKa)